Monday, February 22, 2010

Mengi’rab Bahasa Arab (Mungupas Kata-kata Bahasa Arab)


Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang ingin menguasai bahasa arab untuk menguasai I’rab. I’rab adalah perubahan akhir kata yang disebabkan oleh perbedaan amil  yang masuk baik secara lafadz (dzohir) atau secara takdir (kira-kira). Sedangkan  mengi’grab sendiri adalah sebuah mata pelajaran khusus yang mengulas tentang I’rab dengan cara memberedeli atau menelanjangi setiap kata bahasa Arab secara detail dan rinci. Mempelajari I’rab bisa dikatakan mudah, bisa juga dikatakan  susah. Mengi’rab membutuhkan kejelian dan ketajaman seseorang dalam analisis nahwu dan sharaf . Oleh karena itu, menguasai ilmu sharaf dan nahmu adalah modal utama untuk dapat mengi’rab kata bahasa arab secara benar dan tepat.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengi’rab kata dalam bahasa arab, anda dapat mengunjungi di sini. Untuk lebih lanjut silahkan anda mencari referensi kitab yang membahas I’rab  seperti kitab  I’rabul Qur’an karya Syeikh Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad Bin Ismail An Nukhas W 338 H di toko-toko kitab terdekat, atau kalau mau soft copynya silahkan download di sini.  
Anda juga dapat mempelajarinya secara on line (masih tentang I’rabul Qur’an juga) dengan mengeklik menu  I’rab Al-Qur’an pada menu tabview horizontal di weblog saya ini.

Semoga bermanfaat…Selamat belajar !

5 komentar:

Unknown said...

assalamu'alaikum akh,,,,da kitab tentang i'rab surat al-an'am g akh??? klo ada minta tlong di upload.. syukron

Muhammad Ma'shum said...

Walaikumsalam wrwb...kunjungi http://maxzhum.blogspot.com/ dan klik i'rabul quran

Arabic asikkk Sahdafaras said...

assalamu'alaikum akh...tolong kirim yang ada terjemahan kedalam bahasa Indonesia skr
syukran,

Unknown said...

afwan ada penjelasan tentng hal2 yang harus diketahui oleh mu'ribul qur'an atau tidak? kalau ada minta tlng bantuannya, syukron

Dadang taupik said...

assalamualaikum.... terima kasih semoga berkah dan brmanfaat.

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes